Sensasi Alami Pulau Sawo

  • -

Sensasi Alami Pulau Sawo

Tags :

Category : Tujuan Wisata

Propinsi : Sumatera Barat – Padang
Type Wisata : Pulau, Pantai
Special : Sunset

Pulau ini terletak di Kecamatan Koto Tangah, merupakan pulau non urban, dengan luas 4,6 Ha dan merupakan pulau paling utara di Kota Padang. Jarak pulau dengan Pasie Jambak kira-kira 2,2 km dan dapat ditempuh dengan perahu nelayan dalam waktu 10 menit dari Pasie Jambak. Pulau ini memiliki kontur relatif datar yaitu 0 – 5% dari permukaan laut. Pada bagian luar (pheriphery) terdapat hamparan pantai pasir putih dan bersih. Pulau Sawo masih alami dan belum terganggu oleh aktivitas manusia, didominasi oleh pohon kelapa. Pulau ini selalu menjadi tempat perlindungan bagi masyarakat nelayan apabila terjadi badai. Sumber air bersih diperoleh apabila membuat sumur. Dilihat dari kondisi fisik dasar Pulau Sawo berpotensi untuk dikembangkan kegiatan wisata bahari seperti: Berenang, Menyelam, Camping, Bertualang, menikmati panorama dan bermain pasir sambil mencari biota laut.

Pulau Sawo
Kondisi biologi/ekologi perairannya terdiri dari ekosistem terumbu karang terutama di bagain selatan, ekositem hutan terdapat di bagian tengah pulau, dengan lebar bentangan pasir di sekeliling pulau 4-5 meter, arus sangat tenang pada bagain timur dan dan sebelah berat berombak. Beberapa jenis ikan lumba-lumba ditemukan disekitar peritan Pulau Sawo, juga ikan hias jenis serta ikan ekonomis terdiri dari tongkol, kembung, kakap, kerapu, tuna caklang dan tenggiri.

Vegetasinya merupakan hutan tropika basah sebagian besar belum dimanfaatkan seperti ketaping, aru dan pohon kelapa yang banyak terdapat di pantai. Pulau Sawo Sangat dekat dengan lokasi wisata Pasie Jambak, dan base camp nelayan Koto Tangah dan dapat dicapai dengan mengunakan perahu dayung selama 20 menit serta dengan mengunakan speedboat masin 2 x 85 PK perjalanan dari Muara Padang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit.

Ditinjau dari potensi sumberdaya alam, nilai historis (sejarah), aksesibilitas dan tersedia prasarana dan sarana serta kondisi sosial budaya masyarakat terdekat (Pasie Nan Tigo) maka Pulau Sawo mempunyai potensi besar dalam pengembangan wisata bahari dengan inti objek parawisata terdiri dari : wisata alam, selam, pemancingan, berenang, selancar, ski air, berlayar, rekreasi pantai, wisata pesiar.

Mungkin selama ini kita hanya mengenal wisata bahari sumatera barat seperti : pulau sikuai, pulau angso duo, pulau pagang dan lainnya. Ternyata setelah dikembangkan, pulau sawo tak kalah menariknya dengan pulau lainnya. Tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, pulau ini menjadi destinasi baru wisata bahari Sumatera Barat.

Karena masih dalam tahap pengembangan, fasilitas untuk para wisatawan belum lah sempurna. Seperti tersedianya warung makanan dan minuman, penjual aksesoris dan lainnya. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi penunjung yang ingin merasakan sensasi tinggal di pulau sendiri.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasialami sebuah pulau, tidak ada salahnya berkunjung ke pulau sawo. Karena pulau ini masih sangat alami dan jika berkunjung jangan lupa bawa bekal yang diperlukan seperti makanan, minuman, tenda, tikar dan lain sebagainya.

Pulau Sawo mendukung sekali tentang wisata alam apalagi alam yang masih alami belum terpengaruh dengan apapun, termasuk kegiatan manusia. Jika anda berkunjung ke pulau ini jangan lupa untuk tetap melestarikan alam agar tidak rusak.