Panorama Sitinjau Lauik

  • 0

Panorama Sitinjau Lauik

Category : Tujuan Wisata

Propinsi : Sumatera Barat – PADANG
Type Wisata : Bukit
Special : Panorama pemandangan Kota Padang siang hari dan malam hari

Sitinjau Lauik atau sering disebut sebagai Padang Scenic Point, merupakan sebuah tempat dengan ketinggian kurang lebih 1,000 meter di atas permukaan laut. Sesuai dengan namanya, kegiatan wisata utama yang paling disukai di lokasi ini adalah menikmati pemandangan yang luas dan hijau, disertai dengan pemandangan Samudera Hindia di kejauhan. Ketika pagi hingga siang hari anda akan mendapatkan view panorama khas pemandangan pegunungan. Apabila Anda datang pada malam hari, maka Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Padang yang berkelap-kelip, anda bisa mengabadikan kelap-kelip lampu rumah penduduk kota Padang. Selain itu, terdapat juga tempat permandian umum bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak dari terjalnya jalanan di Panorama Sitinjau Lauik.

Panorama Sitinjau Lauik Malam Hari

Mungkin ruas jalan Sitinjau Lauik tidak begitu familiar di telinga masyarakat luar Sumatera Barat dan bahkan keberadaannya tidak diketahui, akan tetapi di kalangan masyarakat Sumatera Barat, Sitinjau Lauik merupakan salah satu tempat yang sangat dikenal dan favorit. Selain karena merupakan jalur transportasi, juga disebabkan begitu indahnya pemandangan yang ditawarkan ketika melewatinya.

Terletak diketinggian menyebabkan suasana berhawa dingin dan sejuk. Selain bisa melihat pemandangan kota dari ketinggian, anda juga bisa membersihkan paru-paru anda dari udara kota yang kurang bersih. Sehingga sangat wajar sekali apabila anda bisa mendapatkan udara yang sangat segar di sini.

Akses Menuju Panorama Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik yang belum begitu terkenal hingga ke luar Sumatera Barat ini berada di kaki Gunung Talang yang masih termasuk wilayah kota Padang. Jarak Sitinjau Lauik dari pusat kota kurang lebih mencapai 30 km. Meskipun hanya berjarak 30 km saja harus membutuhkan waktu yang agak lama untuk mencapai Sitinjau Lauik. Dikarenakan kondisi jalan perbukitan yang terjal dan menanjak. Ketika anda hendak menuju kota Solok, anda jelas akan melintasi jalan di punggung Bukit Barisan ini.

Jalan penghubung antara Kota Padang dan Kota Solok ini berbatasan langsung dengan Jalan Raya Indarung, Padang. Berjarak lebih kurang 15 menit dari PT. Semen Padang dan 1 jam dari pusat Kota Padang.

Panorama di Padang Scenic Point

Setelah mengikuti perjalanan yang cukup mulus meski terjal dan menanjak anda akan segera bertemu dengan pos pengamatan pertama, dimana ada dua pos pengamatan di sini. Di pos 1 yang lokasinya tidak terlalu tinggi anda belum bisa melihat panorama kota Padang. Namun di pos tersebut anda sudah bisa menikmai pemandangan perbukitan dengan udara yang cukup sejuk sekali.

Untuk mendapatkan view panorama kota Padang anda harus mengunjungi pos 2 yang ditandai dengan adanya gazebo berbentuk atap khas rumah adat Minang. Dan inilah yang disebut sebagai Padang Scenic Point. Karena di tempat yang satu ini anda bisa dengan mudah memanjakan mata anda untuk melihat pemandangan hijaunya perbukitan, kota Padang dan birunya lautan. Di sini anda akan menemukan banyak wisatawa yang singgah sebentar di Sitinjau Lauik untuk sekedar melepas lelah dan berfoto-foto ketika sedang melakukan perjalanan dari kota Padang ke Solok atau sebaliknya.


Leave a Reply