Ngalau Indah dengan Stalagmit dan Stalaktit

  • -

Ngalau Indah dengan Stalagmit dan Stalaktit

Propinsi : Sumatera Barat – Payakumbuh
Type Wisata : Alam, Goa
Special : Batu Stalagmit dan Stalaktit

Ngalau Indah Payakumbuh merupakan kawasan gua kapur yang berada di lereng Bukit Simarajo, Kota Payakumbuh, dengan kontur sangat unik, berundak dan berbatuan indah. Area parkir Ngalau Indah ini berada pada ketinggian bukit, sekitar 750 m dari tepian Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, dengan pemandangan lepas ke arah area perkotaan.

Penanda tempat wisata Ngalau Indah Payakumbuh kami lihat di sebelah kanan jalan menuju ke arah gua, yaitu di dekat pertigaan di Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh. “Ngalau” adalah bahasa setempat yang berarti gua. Di sekitar area parkir kendaraan yang cukup luas terdapat sejumlah warung sederhana yang bisa untuk menambal perut jika kelaparan.

Di dalamnya terdapat batu stalagmit dan stalaktit yang terbentuk dari proses endapan kapur yang berlangsung ratusan tahun. Kedua jenis batu tersebut mempunyai ukiran beraneka macam bentuk, dengan ornamen-ornamen yang menakjubkan, seperti: ruang kamar tidur, kursi, kelambu dan lain sebagainya. Indah sekali, karena sebagian besar bebatuan di sini didominasi warna hijau.
Jalan_setapak_melintasi_gua_Ngalau_Indah_terbentang_sejauh_80_meter_
Di dalam gua ini terdapat batu yang cukup terkenal, yaitu Batu Menangis. Batunya berbentuk kepala orang yang menurut mitos bisa menangis pada saat-saat tertentu. Selain itu, banyak stalaktit yang berbentuk seperti tirai. Pada stalaktit dan stalakmit di gua ini pun, mudah kita temukan kristal.

Agar para wistawan dapat menikmati pemandangan Ngalau dengan lebih leluasa, pemerintah setempat membangun beberapa sarana pendukungnya, seperti: lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga.

Dari atas perbukitaan di sekitar Ngalau, para wisatawan dapat melihat panorama kota Payakumbuh yang terhampar di depan mata. Perpaduan tata bangunan perkotaan, hijaunya pepohonan dan hamparan sawah yang begitu luas merupakan satu kesatuan dari kemilau Kota Payakumbuh.

Sedangkan pemandangan di sekitar Ngalau juga tidak kalah menarik. Sebelum masuk ke dalam Ngalau atau tepatnya di depan pintu masuk para wisatawan disambut dengan sebuah ukiran dari batu yang menyerupai gajah. Memasuki Ngalau, para wisatawan akan mendapat suguhan aneka ukiran-ukiran batu yang terpahat di dalam Ngalau. Batuan beraneka bentuk dan berukir tersebut diberi nama sesuai bentuk batunya, seperti: kursi, kelambu, dan kamar tidur. Para pengunjung yang merasa lelah atau lebih lama ingin menikmati keindahan Ngalau tersebut dapat berhenti sejenak dan duduk bersantai di atas batu-batu tersebut. Pada bagian lain Ngalau, terdapat batu tira yang berwarna putih yang apabila terkena sorotan cahaya lampu, dapat memantulkan cahaya kemilau yang begitu indah.

Objek Wisata Ngalau Indah dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi darat. Dari kota Padang ke Payakumbuh, perjalanan ditempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, ongkosnya antara Rp.20.000,00 sampai Rp. 25.000,00 per orang (Februari 2008). Tiket masuk sebesar berkisar antara Rp. 5000 – Rp. 10.000,- /orang.