Bukit Nobita

  • -

Bukit Nobita

Bukit Nobita….

Nama Nobita tidak akan asing di telinga kita, kita akan di ingatkan dengan Doraemon, Kantong Ajaib dan Mesin Waktu. Ya itulah nama yang di ambil untuk bukit ini, yang terinspirasi dari film kartun Doraemon dan menampilkan panorama cantik dari ketinggian. Kota Padang sempat dihebohkan dengan keberadaan bukit yang kabarnya memiliki kesamaan dengan bukit yang berada di belakang sekolah Nobita, tokoh dalam film Doraemon. Dari bukit ini, pemandangan Kota Padang dapat terlihat dengan jelas.

Bukit ini menjadi begitu fenomenal dibincangkan di kalangan anak muda Kota Padang, mereka begitu kagum dengan pemandangan kota Padang dari ketinggian yang tampak indah, terutama bila malam hari, karena kelap-kelip lampu begitu meriah menyala, jika dilihat dari atas bukit ini.

Bukit ini berada di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatra Barat. Sekitar 15 km dari pusat kota, dengan ketinggian kira-kira lebih dari 900 mdpl yang dapat ditempuh melalui dua jalur dari Jalan Kampung Jua dan Jalan Arai Pinang.

Bukit Nobita ini juga menjadi sorotan dan menambah rasa penasaran pengunjung untuk dapat datang ke bukit yang banyak ilalangnya ini. Sebenarnya tidak ada kepastian nama dari bukti ini, namun masyarakat sekitar menyebut dengan nama Bukit Tigo Tungku Sajarangan sebab di puncak sana terdapat 3 buah batu yang mengelilingi satu pohon besar. Ada juga yang memberi nama Bukit Jarangan karena di bukit terdapat beberapa batu besar yang jaraknya tidak berdekatan (dalam bahasa Minangkabau jarang-jarang, berjauhan). Selain itu sebagian masyarakat menyebutnya Bukit Batu Kasek dan Bukit Kampung Jua.

 

Bukit Nobita memiliki panorama Kota Padang yang sangat mengagumkan dan dapat dinikmati dalam berbagai waktu. Pesonanya dapat ditemui baik itu pagi, petang maupun saat malam tiba dengan hampir 180 derajat view kota tampak jelas di bukit ini. Bukit ini menjadi salah satu destinasi terbaik untuk menikmati keindahan Kota Padang dari ketinggian. Dari bukit ini terlihat jelas hamparan bangunan Kota Padang hingga sampai ke lautan. Bila ingin ke bukit tersebut, sebaiknya sore hari ketika matahari hendak tenggelam, karena Anda dapat menikmati momen senja Kota Padang dari ketinggian, dan matahari tenggelam. Selepas senja hari waktu yang sangat tepat untuk mempotret panorama Kota Padang, karena kita akan terpukau dengan keindahan keap kelip cahaya kota.